Sabtu, 18 Juni 2016

Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami


Hidung tersumbat adalah salah satu gejala gangguan pernafasan, penyumbatan dapat terjadi pada sebelah hidung ataupun kedua hidung. Penyebab hidung tersumbat antara lain karena penyakit ringan seperti flu dan infeksi sinus. Terjadinya peradangan pada lapisan rongga hidung dapat mengakibatkan susah bernafas. Ketika mengalami hidung tersumbat pasti akan membuat anda menjadi risih karena ketika ingin tidur pulas, terkadang tidak bisa karena sulit bernafas. Berikut adalah beberapa penyebab hidung tersumbat, antara lain:
·         Alergi
·         Polip
·         Iritasi hidung
·         Sinusitis
·         Sakit Kepala cluster
·         Tumor
·         Debu
·         Asap rokok
·         Benda asing
Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat secara alami:
·         Air Panas

Hal ini sangat mudah dan dapat dilakukan sesering mungkin, kelembaban dan uap dari air panas dapat dihirup oleh hidung tersumbat fungsinya untuk meringankan peradangan dan dalam waktu singkat anda dapat bernafas lebih dalam lagi. Walau dalam proses ini penyumbatan hidung berangsur membaik, tetapi ada baiknya anda tetap membuang lendir dalam hidung.
·         Tidur Dengan 2 Bantal

Hidung tersumbat sering kali mengganggu istirahat tengah malam anda, akibatnya anda tidak bisa tidur dimalam hari. Tetapi jangan sampai hal ini mengganggu aktifitas pagi hari, sebelum ingin pergi tidur anda dapat menyediakan 2 bantal untuk mendapatkan posisi tidur setengah menunduk. Hal ini berguna agar pernafasan tidak tersumbat karena dampak adanya daya gravitasi dan dengan cara ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.
·         Kompres Hangat

Cara ini perlu menyiapkan air hangat, hingga anda merasakan hasil yang diharapkan. Sediakan handuk kecil dan air hangat sesuai yang dibutuhkan, dan tempelkan pada hidung memanjang ke pipi kanan dan kiri, sebaiknya posisi berbaring dengan 1 bantal, dan ulangi caranya jika kain menjadi dingin hingga anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
·         Steaming

Ternyata proses steaming tidak hanya bagus untuk rambut, steaming juga dapat mengurangi peradangan pada hidung dan memperlancar aliran pernafasan. Caranya, sediakan handuk kecil untuk rambut dan air baskom yang hangat, lalu cuci handuk dalam air panas lalu kurungi kepala dengan handuk tersebut. Diusahakan air tidak terlalu panas karena hal ini dapat merusak kesehatan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar