Sabtu, 18 Juni 2016

Penyebab Mata Gatal



Mata merah dan gatal biasanya diakibatkan oleh masuknya kotoran seperti debu kedalam mata. Selain itu, terlalu lama didepan komputer juga bisa menyebabkan mata merah. Paparan sinar matahari dan debu adalah penyebab mata gatal dan merah yang umum. Konjungtivitis, peradangan pada konjungtiva atau selaput luar mata disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis disebabkan karena infeksi virus atau bakteri dan hal ini dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Kemerahan, gatal, mata berair adalah gejala umum dari konjungtivitis. Alergi yang disebabkan karena alergen udara adalah salah satu penyebab mata gatal. Alergi mata bisa disebabkan karena berbagai penyebab seperti paparan debu, jamur, udara kering, dan gas beracun. Ketegangan pada otot mata juga merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan mata gatal, mata merah dan mata kering. Glaukoma merupakan salah satu penyebab yang paling parah. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan tekanan dalam bola mata, yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penglihatan kabur dan mata merah adalah gejala glaukoma.


Jika kondisi ini tidak diobati untuk waktu yang lama maka dapat menyebabkan kebutaan permanen. Beberapa cara mengobati mata merah dan gatal yaitu dengan cara berhenti menggosok mata yang gatal. Menggosok mata bisa mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam sehingga akan meningkatkan rasa gatal pada mata. Cuci mata dengan air mawar. Ini merupakan salah satu cara pengobatan praktis yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cuci mata setiap hari menggunakan air mawar untuk memberikan efek rasa dingin dan menenangkan pada mata. Berdasarkan penyebabnya, penyebab mata gatal atau konjungtivitis alergi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, berikut adalah jenisnya:
·         Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh penggunaan lensa mata kontak yang tidak bersih atau kotor.
·         Konjungtivitis dermatokontak, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh paparan dengan bahan–bahan kosmetik.
·         Konjungtivitis alergi musiman, konjungtivitis ini dipengaruhi oleh musim terutama pada saat awal musim kemarau dimana banyak serbuk sari tumbuhan dan jamur yang beterbangan di udara.
·         Konjungtivitis alergi kontiniu, Konjungtivitis ini tidak terpengaruh oleh musim, bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun. Penyebab mata gatal ini adalah karena debu, kutu, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, parfum.
Berikut ini adalah cara untuk mengobati penyakit mata gatal:
·         Teh hijau


Teh hijau memiliki sifat antibakteri yang mampu menyembuhkan mata gatal. Teh hijau juga mengandung anti-inflamasi yang membantu menenangkan mata. Rebus secangkir teh hijau selama beberapa menit, barkan menjadi dingin. Bilas mata anda dengan airnya, setiap pagi dan sore hari hingga gejala menjadi reda.
·         Air Mawar


Iritasi mata juga bisa di obati dengan menggunakan air mawar dan cukup praktis karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan membersihkan mata dengan air mawar minimal tiga kali sehari hingga iritasi dan rasa gatal sudah tidak terasa lagi. Air mawar juga akan memberikan rasa sejuk pada mata.
·         Irisan mentimun


Cara mengobati mata gatal dan berair dengan murah dan cepat adalah dengan menggunakan irisan buah mentimun yang masih sangat segar dan dingin. Sebelum digunakan, simpanlah timun segar yang baru di beli dan sudah di cuci ke dalam lemari es sampai mentimun menjadi lebih dingin, kemudian keluarkan dari dalam lemari es dan iris menjadi tipis-tipis. Gunakan irisan mentimun sebagai obat mata gatal, Anda hanya perlu meletakkan irisan mentimun di atas mata yang tertutup, biarkan selama beberapa menit lalu angkat mentimun dan bersihkan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar